Friday 17 October 2014

Monitor Plasma dan Electroluminescent

1. Pengertian Plasma

Plasma Display Panel (PDP) atau di Indonesia banyak dikenal sebagai Plasma TV atau Monitor Plasma merupakan jenis monitor yang menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.
Istilah dan konsep teknologi Plasma TV diperkenalkan pada tahun 1936 oleh seorang ahli Fisika. Monitor plasma menggunakan warna penuh panel datar fosfor untuk menampilkan gambar-gambar, sehingga kombinasi dan reproduksi warnanya yang dihasilkan sangat baik dan interaktif. PDP sendiri berasal dari penggunaan sel Plasma, yang merupakan lampu Fluorescent, sebagai dasar pencahayaan layar televisi tersebut. Sebuah Plasma TV memanfaatkan jutaan sel Plasma yang diletakkan diantara dua panel layar kaca. Setiap sel yang berisi kombinasi antara gas noble dan sejumlah kecil mercury yang akan diuapkan dan diberi aliran listrik sehingga berpendar dan membentuk plasma. Warna dihasilkan dari fosfor yang terdapat di dalam sel tersebut, di mana di dalam setiap sel akan berisi fosfor 3 jenis warna utama, yaitu: Red, Green, dan Blue, atau biasa dikenal dengan RGB. Perbedaan voltage yang diberikan pada tiap sel juga menghasilkan kombinasi warna yang ada.
Kelebihan Monitor Plasma :
-          Menghasilkan warna hitam yang lebih baik dari LCD TV
-          Contrast rasio yang tinggi (1:2.000.000)
-          Sudut pandang lebih lebih lebar
-          Refresh Rate dan Response Time yang cepat, meminimalisir tampilan gambar kabur
-          Bentuk ramping
Kekurangan Monitor Plasma :
-          Gambar diam yang ditampilkan dalam waktu yang lama akan menimbulkan burning dan gambar berbayang
-          Kualitas gambar akan terus menurun seiring dengan lamanya penggunaan
-          Harga relatif mahal
-          Memiliki ukuran pixel pitch yang besar
-          Memiliki bobot yang sangat besar
-          Konsumsi daya dan operasional suhu yang tinggi
-          Cell plasma untuk perwakilan tiap pixel gambar hanya memiliki fungsi on/off sehingga reproduksi warna jauh lebih terbatasi dibandingkan tipe CRT ataupun LCD  


Electroluminescence (EL) adalah fenomena optik dan fenomena listrik di mana suatu material memancarkan cahaya dalam menanggapi bagian dari sebuah arus listrik atau kuat medan listrik . Hal ini berbeda dari benda hitam emisi cahaya yang dihasilkan dari panas ( lampu pijar ), dari reaksi kimia 
( chemiluminescence ), suara ( sonoluminescence ), atau tindakan mekanis lainnya (mechanoluminescence).   

Cara kerja monitor Plasma

Cara kerja Plasma Monitor dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari pelepasan Plasma. Untuk menghasilkan hal tersebut di lakukan penyekatan dari sebuah pencampuran gas diantara dua lembar kaca yang membawa elektroda pada interiornya. Selanjutnya diaplikasikan fosfor R,G dan B pada permukaan plat tadi ketika voltase listrik dilewatkan diantara elektroda, maka dihasilkan sinar ultraviolet yang merangsang fosfor untuk memancarkan cahaya dan menciptakan gambar di layar.




Perkembangan Teknologi Monitor Plasa\ma

Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.
Monitor+LEDPlasma gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Teknologi plasma gas ini sering bisa kita jumpai pada saat pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Di sana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas.
Setelah kita melihat begitu pesatnya perkembangan LCD, sekarang kita dapat saksikan perkembangan FDP terbaru yang boleh kita katakan sebagai Flat Panel Display Masa Depan. Kenapa FDP terbaru ini kita namakan FDP Masa Depan ? Karena 5-10 tahun yang akan datang mungkin Teknologi LCD akan digantikan posisinya oleh FDP Masa Depan ini. FDP Masa Depan ini berbasis active matrix berteknologi Organic Light Emitting Diode (OLED).

Berikut beberapa gambar monitor plasma :



 
















Sumber :  

http://andricakepirawan.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-perbedaan-crt-lcd-led.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Electroluminescence

http://steventanu7.wordpress.com/2012/11/07/sejarah-dan-cara-kerja-monitor/

http://teknologi-mu.blogspot.com/2012/09/sejarah-monitor-dan-perkembangannya.html 

No comments: